selamat datang di blogku!!!!!


Minggu, 19 Juni 2011

tips tips pintar TOEFL

Tips Belajar TOEFL

1. Membiasakan diri Anda dengan tiga format TOEFL

Sebagian besar negara sekarang menawarkan TOEFL berbasis internet (iBT). Pastikan Anda mengetahui tes yang akan Anda ambil sebelum Anda mulai belajar TOEFL. Jika negara Anda menggunakan CBT Anda harus mengambil tes ini. Anda tidak dapat memilih untuk mengambil Paper Base Test jika negara Anda menunjukkan dan mewajibkan bahwa Anda harus mengambil CBT. Sebagian besar dari jenis pertanyaan pada umumnya sama, meskipun ada beberapa pertanyaan baru yang hanya dapat dijawab pada komputer. CBT dan iBT yang menggunakan stimuli visual dan terdapat porsi untuk Written test.

2. Teliti dan cari informasi tentang syarat untuk skor TOEFL

TOEFL test dibutuhkan sekali untuk siswa yang non-native English, yang ingin pergi ke sekolah menengah di Amerika Serikat. Kebanyakan orang mengambil TOEFL untuk mendaftar ke sekolah tertentu atau program khusus yang spesial. Sebelum anda mulai belajar, cari tahu apa yang menjadi persyaratan untuk sekolah anda tertarik untuk pergi ke. Ingat bahwa nilai untuk tes berbasis kertas yang berbeda dengan nilai untuk CBT dan iBT. Rata-rata nilai minimum yang dibutuhkan adalah sekitar 550 (paper test) atau 215 (CBT) atau 70 (iBT). Sebuah universitas bergengsi seperti Harvard memiliki harapan yang lebih tinggi. Beberapa sekolah akan melihat nilai dari berbagai bagian. Setiap iBT adalah bagian dari angka 30. Banyak perguruan tinggi mengharapkan Anda untuk mencapai keterampilan menulis lebih tinggi daripada kemampuan berbahasa. Nilai TOEFL hanya berlaku selama dua tahun.

3. Belajar bahasa Inggris akademik (bahasa Inggris untuk Anda berbicara dengan dosen dan akademisi yang lainnya)

TOEFL digunakan untuk tujuan yang berbeda dibandingkan dengan ESL tes. TOEFL mengukur kemampuan Anda untuk melangkah sukses di Amerika universitas atau kolese. Anda tidak perlu tahu tentang dunia usaha yang Anda lakukan di tes TOEIC (TOEIC Test sangat dibutuhkan untuk di lingkungan kerja, tapi TOEFL Test dibutuhkan untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah akademis). Sebagai gantinya, Anda harus berkonsentrasi dalam belajar bahasa yang akan Anda dengar di kampus dan istilah yang akan Anda dengar di kelas. Anda harus membaca buku-buku pelajaran, ensiklopedi (bisa lewat online juga sih), jurnal penelitian dan artikel lebih banyak porsinya daripada iklan dan ulasan-ulasan. Anda tidak perlu mengetahui latar belakang informasi tentang setiap mata pelajaran tertentu, namun hal ini jelas akan membantu Anda untuk menjadi akrab dengan jenis bahan. Jika Anda memiliki teman yang pergi ke universitas Inggris, pergi ke kelas dengan dia sesering mungkin. Pinjam bukunya dan bergaul dengan teman-temannya.

4. Gunakan Practice Test (tes untuk menguji kemampuan Anda)

Cara terbaik untuk mempersiapkan TOEFL adalah untuk melakukan latihan ujian. Jika Anda mengambil kelas TOEFL, guru Anda akan memberikan banyak bahan. Jika Anda belajar untuk TOEFL bagi diri Anda sendiri, anda perlu membeli beberapa sumber daya kunci. Temukan buku yang telah menjadi bahan seperti latihan, kosa kata, tes praktek, CD, dan kunci jawaban. Anda mungkin tidak ingin bekerja melalui sebuah buku mulai dari depan ke belakang. Pilihlah untuk bekerja pada bagian yang Anda temukan paling menantang. Jangan hanya mengandalkan satu buku. Anda mungkin memiliki buku yang lebih mudah daripada TOEFL resmi. Carilah contoh gratis di internet untuk melengkapi buku Anda.

5. Cari mentor

Native Speaker (penutur Bahas Ingggris asli Britain) yang bisa dipercaya dan patut dipelajari, yang tahu banyak tentang TOEFL merupakan salah satu sumber daya terbaik yang siswa miliki. Anda akan memiliki banyak pertanyaan yang Anda tidak dapat melalui buku. Siswa yang sering frustasi sering menyerah. Penting bahwa Anda memiliki seseorang yang akan menjawab pertanyaan Anda dan mendorong Anda bila Anda merasa jatuh (felling down). Jika Anda tidak mampu mencari seorang guru atau pengasuh, menemukan seorang siswa yang telah belajar untuk tes sebelumnya. Kadang-kadang siswa lainnya dapat memberikan petunjuk baik dan membantu Anda dengan tata bahasa pertanyaan. Anda mungkin dapat membantu mereka dengan pertanyaan juga. Mengajar orang lain merupakan cara terbaik untuk belajar.

6. Anda membangun stamina

TOEFL test yang memakan waktu lama untuk menulis. Jika Anda mengambil kertas berdasarkan uji akan membawa Anda sekitar 2,5 jam. CBT dan iBT yang jauh lebih lama. Anda akan di depan komputer selama 4 jam. Banyak siswa memiliki perhatian kurun waktu sekitar dua jam. Ini adalah maksimum panjang paling kelas. Setelah ini jumlah waktu mulai melemahkan kinerja. Jika Anda tetap belajar sesi ke salah satu atau dua jam, otak Anda tidak akan siap untuk bekerja empat. Memulai dengan singkat sesi belajar, dan bekerja lagi hingga ones. Mengingatkan diri sendiri bahwa tes yang panjang beberapa hari sebelum hari ujian. Hal ini mutlak diperlukan agar Anda mendapatkan yang baik dari tidur malam sebelum tes ini. Anda tidak mampu menjadi lelah.

7. Tiba disiapkan

Jika Anda tiba di pusat pengujian dengan semua hal-hal yang Anda butuhkan, Anda akan merasa tenang dan siap. Ketika Anda gelisah, memori Anda tidak berhasil juga. Pastikan Anda tahu persis bagaimana untuk ujian pusat dan di mana Anda dapat taman. Yang benar membawa sejumlah uang untuk parkir. Jika Anda menulis karya berdasarkan uji Anda harus sudah memiliki jumlah pencils, sebuah rautan pensil, dan beberapa yang tidak erasers smudge. Anda juga perlu bolpen untuk menulis karangan pada CBT jika Anda memilih untuk tidak jenis. Juga penting bahwa identifikasi tampak sah. Jika Anda memiliki masalah dengan ID anda sebelumnya, pastikan membawa cadangan foto. Jangan lupa bahwa setiap kertas kerja ETS mengirimkan Anda untuk membuktikan bahwa Anda telah terdaftar.

8. Pace sendiri

Wear a watch. Hal ini sangat penting jika anda mengambil karya berdasarkan tes. Beberapa ujian kamar tidak memiliki jam. CBT yang memiliki jam pada layar, namun Anda harus tetap memakai yang menonton untuk memastikan bahwa Anda tiba tepat waktu! Perhatikan waktu Anda sangat erat. Banyak siswa yang buruk pada TOEFL karena terlalu banyak menghabiskan waktu pada pertanyaan sulit. Anda seharusnya tidak menghabiskan lebih dari satu menit pada satu pertanyaan. Anda hanya akan ada 30 menit untuk menulis karangan pada akhir CBT. Menghabiskan sedikitnya 5 menit perencanaan karangan Anda. Simpan sedikitnya 5 menit untuk memeriksa pekerjaanmu.

9. Menggunakan tutorial

Pada CBT ada tutorial untuk membantu Anda memahami bagaimana untuk menjawab pertanyaan dengan benar. Jangan melewatkan tutorial. Anda mendapatkan waktu tambahan untuk menggunakannya. Mereka akan membantu Anda merasa nyaman. Anda juga akan menjadi akrab dengan keyboard dan mouse. Mereka mungkin merasa sedikit berbeda dengan komputer sendiri atau yang di sekolah Anda.

10. Belajar tentang CAT (komputer adaptif pengujian)

Dua bagian CBT adalah komputer adaptif. Yang berarti Anda akan diberikan beberapa pertanyaan yang yang sedang kesulitan. Setelah pertanyaan yang terbaik, komputer akan menentukan untuk memberikan pertanyaan berikutnya. 10/15 Pertanyaan pertama di setiap bagian yang sangat penting. Jika Anda ini benar, skor Anda akan lebih tinggi. Pertanyaan-pertanyaan yang datang kemudian merupakan hal penting, namun tidak dihitung sebagai nilai lebih kepada Anda. Tidak ada salah untuk mendapatkan pertanyaan yang lebih mudah!

11. Jawab setiap pertanyaan

Tidak pernah meninggalkan pertanyaan kosong. Hilangkan semua jawaban yang Anda tahu salah dan kemudian membuat sebuah pendidikan guess. Pada CBT, Anda tidak dapat melewatkan pertanyaan dan kembali ke sana. Anda harus menjawab pertanyaan dan mengkonfirmasi bahwa Anda puas dengan jawaban Anda. Anda tidak dapat mengubah jawaban Anda, jadi double pastikan. Membaca bagian yang tidak adaptif komputer. Anda dapat melewatkan atau mengubah pertanyaan, tapi hanya jika Anda memiliki waktu ekstra. Anda dapat selalu kembali dan mengubah pertanyaan di kertas ujian, tetapi siswa jarang ada waktu untuk melakukannya.

12. Secrets untuk bagian Listening

Jangan melihat kembali di mendengarkan pertanyaan setelah Anda memutuskan untuk mengirimkan jawaban. Anda harus selalu berusaha untuk membaca maju. Jika Anda tahu pertanyaan sebelum Anda mendengar petikan Anda akan mulai memiliki kepala. Pada TOEFL iBT Anda diperbolehkan untuk mengambil catatan. Hal ini tidak diperkenankan untuk karya berbasis komputer dan TOEFL. Bila Anda mempraktekkan untuk mendengarkan bagian, jangan memutar kaset atau CD lebih dari satu kali. Pada sebenarnya Anda hanya akan mendengar semuanya sekali. Anda harus melatih telinga Anda untuk mendengarkan kanan pertama kalinya.

13. Struktur secrets untuk bagian

Bagian ini telah dihilangkan untuk TOEFL iBT. Anda tidak perlu belajar untuk bagian ini, kecuali jika Anda mengambil versi lama TOEFL. Banyak siswa mengatakan bahwa ini adalah yang paling sulit bagian dari tes TOEFL. Tidak bingung dengan kata-kata sulit. Banyak penutur asli tidak tahu istilah ilmiah dalam kalimat. Yang penting adalah bahwa Anda dapat mengidentifikasi bagian-bagian kalimat. Simplify sebuah kalimat yang memiliki banyak hal yang tidak mengerti dengan menggunakan kata-kata yang sama bentuk. Pekerjaan Anda adalah untuk membuat kalimat yang benar. Selalu pastikan bahwa setiap kalimat yang subjek dan verb. Melihat tanda-tanda baca dalam kalimat. Anda harus dapat mengenali struktur (misalnya, kata benda atau frase berpreposisi ayat) bahkan jika anda tidak memahami apa artinya kalimat. Jangan memilih huruf pertama yang terlihat salah sampai Anda mencoba setiap pilihan. Anda mungkin menemukan dua yang terlihat salah. Maka Anda harus membuat sebuah pendidikan guess.

14. Secrets untuk Membaca bagian

Sama seperti bagian dalam struktur, tidak penting bagi anda tahu setiap kata dalam bacaan bagian. Berkonsentrasi pada daerah-daerah yang berhubungan langsung dengan pertanyaan. Skim melalui petikan, membaca pertanyaan, maka untuk membaca lebih detail. Pertanyaan yang biasanya datang dalam rangka mereka muncul di dalam petikan. Mengantisipasi jenis pertanyaan anda akan ditanyakan di bagian ini. Sekurang-kurangnya 60 persen dari pembacaan akan memiliki gagasan utama pertanyaan. Anda akan diminta setidaknya dua kosa kata dari setiap pertanyaan yang membaca. Anda juga akan ditanya beberapa pertanyaan rinci beberapa kesimpulan dan pertanyaan. Anda tidak akan ada waktu untuk membaca kembali secara keseluruhan petikan.

15. Rahasia untuk Penulisan bagian

Anda akan memiliki 30 menit untuk menulis karangan pada CBT. Karya berdasarkan tes kadang-kadang disertai dengan TWE (Test of Written English). Anda tidak memiliki akses ke spell memeriksa fungsi pada CBT. Yang paling penting adalah untuk menjaga menulis sederhana dan jelas. Tidak menggunakan kosa kata dan tanda baca yang tidak yakin. Anda tidak akan kesan pembaca. Bila Anda praktek untuk bagian ini, menemukan format yang Anda merasa nyaman dengan. Gunakan format ini setiap waktu. Misalnya, Anda mungkin tesis selalu berada dalam ketiga kalimat perkenalan Anda. Anda mungkin selalu mengakhiri kesimpulan dengan pertanyaan. Pastikan untuk menggunakan banyak contoh-contoh untuk mendukung esai. Kata dan frasa transisi akan membuat Anda membaca esai dengan lancar. Menghafal daftar ini dan praktek menggunakan mereka. Selalu meninggalkan waktu untuk mempelajari apa yang telah ditulis. Membaca essay diam-diam di kepala.

16. Anda membuat koreksi jelas

Jika Anda mengambil kertas ujian, ingat bahwa mesin akan menandai uji Anda. Hanya satu lingkaran harus diisi in Isi dalam semua cara menggunakan pensil tajam gelap. Jangan gunakan pena! Jika Anda menghapus sesuatu, pastikan benar-benar terhapus. Banyak siswa kehilangan poin karena sloppy dengan pencils dan erasers.

17. Pakaian dalam pakaian yang nyaman

Pakaian dalam lapisan nyaman pada tes hari. Anda tidak akan pernah tahu atau tidak ujian kamar akan dingin atau hangat. Memakai baju favorit Anda. Bila Anda merasa nyaman anda melakukan lebih baik! Jangan memakai pakaian ketat. Anda harus duduk dalam satu tempat untuk waktu yang lama.

18. Pastikan untuk makan sebelum ujian

Empat jam adalah waktu yang lama untuk pergi tanpa makanan ringan. Anda tidak akan diizinkan untuk membawa makanan atau minuman apapun ke dalam ruang ujian dengan Anda. Eat a sensible makan sebelum Anda mengambil ujian. Menghindari terlalu banyak kafein karena akan memberikan getaran. Jangan mengkonsumsi sejumlah besar gula kanan sebelum ujian. Anda akan sangat cepat lelah. Pastikan bahwa Anda memiliki banyak air (tetapi tidak terlalu banyak karena Anda tidak ingin buang waktu di WC).

19. Merujuk pada situs resmi TOEFL

Situs resmi TOEFL (www.toefl.com) telah membantu sejumlah hal yang dapat Anda download secara gratis. Mereka akan menyediakan Anda dengan daftar topik untuk menulis esai. Anda juga dapat menemukan informasi penting tentang uji pusat dan menguji update. Banyak dari pertanyaan anda dapat dijawab disini. Anda juga akan mendapatkan petunjuk tentang sumber daya yang patut membeli.

20. Skor

Nilai untuk iBT tersedia online 15 hari setelah Anda mengambil ujian. Untuk karya berbasis komputer dan berdasarkan tes TOEFL menghubungi pusat dan meminta untuk Skor Formulir Permintaan Laporan. Anda dapat memilih empat lembaga di mana anda ingin skor yang akan dikirim ke gratis. Anda harus memberikan informasi ini dengan Anda pada hari ujian. Jika Anda mengambil CBT Anda akan tahu Anda Mendengar dan Membaca skor. Anda tidak akan mengetahui Anda Struktur / Penulisan nilai sampai Anda mendapatkan informasi ini melalui pos. Jika Anda menunggu sampai hari setelah ujian, Anda akan dikenakan biaya sekitar $ 12 untuk setiap lembaga yang akan menerima skor Anda.

*
Belajar TOEFL Mandiri Lebih Efektif Ketimbang Kursus, Ini Caranya

Banyak orang sibuk mencari tempat les 'bergengsi dan mahal' untuk lulus TOEFL dengan nilai bagus. Padahal hasilnya? Selalu memuaskankah? Anda perlu mengubah paradigma, belajar TOEFL mandiri sangatlah lebih progresif. Ikuti tips berikut ini!
Pertama, niatkan bahwa Anda BENAR-BENAR inginj belajar dulu. Ini step awal. Tanpa starting point ini, jangan nekad memulai TOEFL.
Kedua, pastikan Anda memiliki buku panduan TOEFL standar universal yang lengkap (termasuk CD listeningnya) dan tebal lembar latihannya. Baron's, Cliff's atau Cambridge bisa jadi alternatif.
Ketiga, ketika berlatih mandiri ada kiat-kiat tersendiri untuk sesi Listening, Structure, dan Reading Comprehension. Di sesi Listening, kuncinya adalah membiasakan diri dengan English verbal speaking. Bisa dibiasakan dengan mendengarkan percakapan, lagu, film, dan sebagainya yang serba in English, yang semua itu sudah sangat mudah untuk diakses di era ini; HP bisa menjadi saran efektif untuk menyimpan file-file recording tersebut sehingga mudah kita pakai setiap saat. Ingat, selalu take-note dan lakukan REVIEW untuk setiap aktifitas tersebut. Di sesi Structure, kuncinya adalah never stop mencoba banyak dan lebih banyak latihan soal dengan SELALU MEREFERENSI kepada kunci jawaban; karena jenis-jenis soal akan selalu membahas kategori-kategori soal serupa yang HANYA DIIMPROVISASI saja. Semakin berlatih, semakin mahirlah Anda. Di sesi Reading Comprehension, kuncinya adalah membiasakan diri dengan membaca bacaan-bacaan ilmiah (terutama dari buku TOEFL sendiri) dengan SELALU MENCATAT kata-kata kunci yang belum Anda ketahui maknanya. Sehingga Anda perlu satu buku khusus untuk mengkoleksi kata-kata tersebut. Hati-hati, aktifitas ini bisa sangat membosankan. Pandai-pandailah mengatur mood.
Keempat, jika sudah terbiasa, buatlah target-target progresif seperti, melakukan pembatasan waktu tiap sesi untuk meningkatkan speed Anda dalam mengerjakan TOEFL.
Dengan empat langkah tersebut, god-willing Anda akan berhasil menguasai TOEFL secara mandiri. Selamat mencoba dan Semoga berhasil!

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/writing/2119128-belajar-toefl-mandiri-lebih-efektif/#ixzz1Pi5TXdlT


Diambil dari: http://belajar-toefl.blogspot.com/

*
TOEFL PREPARATION

1. Apakah TOEFL itu?

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes bahasa Inggris yang dirancang untuk mengukur penguasaan bahasa Inggris mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Tes ini dikembangkan dan diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) sebuah lembaga nirlaba yang berkedudukan di Amerika Serikat dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1964. Nilai TOEFL biasanya merupakan salah satu persyaratan masuk di sejumlah 2400 perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan 80 negara lainnya di dunia (ETS: 1999).

1. Kemampuan apa saja yang diuji dalam tes TOEFL?

Ada tiga bagian tes TOEFL yang harus dikerjakan oleh peserta tes. Bagian pertama adalah soal-soal yang mengukur kemampuan Listening Comprehension dalam jumlah 50 soal, Structure & Written Expression , 40 soal, dan Reading Comprehension, 50 soal. Keseluruhan soal dibuat dalam bentuk pilihan berganda (kecuali untuk Computer Based TOEFL ada soal esai yang menguji kemampuan mengarang peserta dalam bahasa Inggris serta variasi lain bentuk soal seperti menjodohkan, meng highlight kata tertentu yang ada kaitannya dengan main idea suatu bacaan, dll.). Keseluruhan tes berlangsung dalam waktu kurang lebih 150 menit, untuk Paper and Pencil Based TOEFL, dan kurang lebih 240 menit untuk Computer Based TOEFL. Waktu yang relatif lama untuk Computer Based TOEFL ini sudah termasuk prosedur tutorial.

1. Ada berapa jenis tes TOEFL?

Terdapat dua jenis tes TOEFL, yaitu 1) Paper and Pencil Based TOEFL; dan 2) Computer Based TOEFL. Jenis tes TOEFL yang pertama adalah tes TOEFL yang kita kenal selama ini, dimana baik soal maupun jawaban dikerjakan dengan menggunakan kertas dan pensil. Sedangkan jenis tes TOEFL yang kedua adalah model tes yang relatif baru karena pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998. Seperti yang tertera pada namanya, tes ini menggunakan komputer dalam penyampaian soalnya dan peserta tes akan menjawab tes ini juga melalui komputer.

1. Selain kedua jenis tes diatas, apakah masih ada jenis tes TOEFL lainnya?

Untuk keperluan pra-seleksi ataupun keperluan intern suatu lembaga, maka ETS sebagai lembaga pengembang dan penyelenggara tes TOEFL juga menyelenggarakan TOEFL ITP (ITP= Institutional Testing Programme). Jumlah soal dan tingkat kesulitan TOEFL ITP tidak berbeda dengan Paper and Pencil Based TOEFL maupun Computer Based TOEFL, karena memang soal-soal yang digunakan pada TOEFL ITP adalah soal tes TOEFL yang telah pernah digunakan sebelumnya. Perbedaan yang perlu diketahui oleh mereka yang merencanakan mengikuti tes TOEFL adalah bahwa skor yang diperoleh dari TOEFL ITP dalam pengunaannya terbatas. Perguruan tinggi di Amerika, misalnya, hanya akan menerima skor yang diperoleh dari Paper and Pencil Based TOEFL atau Computer Based TOEFL. Perbedaan lainnya adalah dalam hal biaya tes. Saat ini biaya Paper and Pencil Based TOEFL maupun Computer Based TOEFL adalah sebesar US $ 110, sedangkan TOEFL ITP biayanya relatif lebih murah yaitu sebesar US $ 25. Perlu juga diketahui bahwa Paper and Pencil Based TOEFL dan Computer Based TOEFL hanya diselenggarakan di Test Center tertentu dengan jadwal tes yang telah ditentukan jauh hari sebelumnya, sedangkan TOEFL ITP jadwal penyelenggaraannya lebih fleksibel dan di Indonesia dilaksanakan oleh IIEF (The Indonesian International Education Foundation) dengan berkoordinasi dengan pusat bahasa yang ada di perguruan tinggi negeri.

Selain TOEFL ITP, juga ada TOEFL Prediction/Equivalent Test yang biasanya digunakan untuk memperkirakan skor TOEFL seseorang sebelum yang bersangkutan mengikuti tes TOEFL lainnya (Paper and Pencil Based TOEFL, Computer Based TOEFL, TOEFL ITP). Jenis tes TOEFL Prediction ini pada umumnya diselenggarakan oleh lembaga/pusat bahasa atau tempat-tempat kursus yang menyelenggarakan pelatihan TOEFL.

5. Apakah ada perbedaan dalam sistim penilaian Paper and Pencil Based TOEFL, Computer Based TOEFL, TOEFL ITP dan TOEFL Prediction Test?

Benar, sistim penilaian atau skor yang digunakan untuk Paper and Pencil Based TOEFL, TOEFL ITP, TOEFL Prediction Test dan Computer Based TOEFL memang berbeda. Hal ini dilakukan tentu dengan maksud agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam penafsiran skor yang dilaporkan peserta tes. Rentang skor yang digunakan oleh Paper and Pencil Based TOEFL, TOEFL ITP, dan TOEFL Prediction Test adalah 310 (nilai terendah) s.d 677 (nilai tertinggi), sedangkan untuk Computer Based TOEFL, nilai terendah adalah 0 dan nilai tertinggi 300 (TOEFL Score User Guide, 2000-2001). Tingkat kesulitan soal untuk keseluruhan jenis tes ini tentu saja sama, sehingga dapat dikatakan mereka yang memperoleh skor 677 pada Paper and Pencil Based TOEFL diperkirakan akan memperoleh skor 300 pada Computer Based TOEFL, dan sebaliknya jika seorang peserta tes memperoleh skor 213 dalam tes TOEFL yang menggunakan komputer (Computer Based TOEFL), maka skor yang bersangkutan pada Paper and Pencil Based TOEFL adalah 550.

1. Bagaimana hubungan skor yang diperoleh dengan tingkat penguasaan bahasa Inggris seseorang?

Secara umum kita mengenal tiga level penguasaan bahasa asing, yaitu Tingkat Dasar (Elementary), Tingkat Menengah (Intermediate), dan Tingkat Mahir (Advanced). untuk skor TOEFL, para ahli bahasa biasanya mengelompokkan skor ini kedalam empat level berikut ( Carson, et al., 1990):

· Tingkat Dasar (Elementary) : 310 s.d. 420

· Tingkat Menengah Bawah (Low Intermediate) : 420 s.d. 480

· Tingkat Menengah Atas (High Intermediate) : 480 s.d. 520

· Tingkat Mahir (Advanced) : 525 s.d 677

Dari klasifikasi skor diatas, mungkin muncul pertanyaan seandainya tes TOEFL diberikan pada mahasiswa Amerika, misalnya, apakah mereka akan kesulitan mengerjakan soal-soal TOEFL? Studi yang dilakukan oleh Johnson (1977) menyebutkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh oleh 173 mahasiswa tahun pertama dan kedua di Universitas Tennessee, Amerika Serikat, adalah 628. Artinya, bagi penutur bahasa Inggris sendiri, soal-soal TOEFL bisa dikerjakan dengan mudah, terbukti dari skor yang mereka peroleh yang berada pada level Mahir atau Advanced.

Dengan mengetahui klasifikasi tingkat penguasaan bahasa Inggris seperti yang terlihat diatas, kita tentu bisa memaklumi bahwa sangatlah beralasan mengapa perguruan tinggi di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya, mensyaratkan skor TOEFL tertentu bagi calon mahasiswa internasional mereka. Untuk bisa diterima di program S1, skor yang umumnya mereka tetapkan adalah sekitar 475 s.d. 550, sedangkan untuk masuk program S2 dan S3 persyaratan skor TOEFLnya lebih tinggi lagi yaitu sekitar 550 s.d. 600.

Pertanyaan yang sering mengemuka di forum-forum diskusi para pengajar Bahasa Inggris di Indonesia adalah berapa seharusnya penguasaan bahasa Inggris seorang mahasiswa di Indonesia agar mereka mampu menambah wawasan keilmuannya melalui bacaan yang ditulis dalam bahasa Inggris? Penguasaan pada level Dasar (Elementary) tentu tidak akan memberi kontribusi yang berarti bagi para mahasiswa di Indonesia dalam hal upaya peningkatan pengetahuan melalui buku-buku teks/pengetahuan yang ditulis dalam bahasa Inggris. Diperlukan penguasaan minimal pada level Menengah Atas (High Intermediate) agar para mahasiswa bisa menyerap materi perkuliahan yang ditulis dalam bahasa Inggris dengan relatif mudah.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia telah menetapkan skor TOEFL tertentu bagi para mahasiswanya (Huda, 1999). Dalam kaitannya dengan upaya peningkatan kualitas lulusan perguruan tinggi, peraturan yang mengharuskan mahasiswa perguruan tinggi memiliki penguasaan TOEFL sampai pada tingkat tertentu diharapkan akan berdampak positif dan seharusnya kita dukung. Penguasaan bahasa Inggris yang baik diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan bekerja pada tingkat global, suatu kondisi kerja dimasa depan yang perlu kita persiapkan sejak sekarang.

7. Kapan dan dimana seseorang bisa mengikuti tes TOEFL?

Paper and Pencil Based TOEFL dan Computer Based TOEFL hanya bisa ditempuh pada waktu tertentu yang telah terjadwal jauh hari sebelum tes diselenggarakan. Tempat atau testing center dimana kedua tes ini diselenggarakan juga telah ditentukan oleh ETS sebagai pemegang lisensi tes TOEFL. Kedua macam tes TOEFL yang diselenggarakan di testing center tertentu tsb. biasa juga disebut International TOEFL. Hal ini dimaksudkan untuk membedakan keduanya dengan TOEFL ITP dan TOEFL Equivalent/Prediction.

Sedangkan untuk mengikuti TOEFL ITP, peserta tes harus menghubungi Institusi yang telah ditunjuk oleh IIEF Jakarta sebagai tempat pelaksanaan. Untuk pelaksanaan TOEFL ITP diperlukan peserta minimal 10 orang. Balai Bahasa Unmul sejak tahun 2001 merupakan salah satu institusi yang berhak menyelenggarakan TOEFL ITP.

Jenis tes TOEFL Prediction/Equivalent merupakan jenis tes yang paling fleksibel pelaksanaannya. Di Balai Bahasa Unmul, tes ini juga merupakan tes yang paling banyak diikuti oleh mereka yang ingin mengukur penguasaan bahasa Inggris untuk berbagai keperluan. Setiap saat peserta tes dapat mengikuti tes ini dengan menghubungi Balai Bahasa Unmul minimal satu hari sebelum hari penyelenggaraan.

8. Anda masih memerlukan informasi lebih jauh mengenai tes TOEFL?

*
[beasiswa] [TIPS] Bagaimana mempersiapkan TOEFL?

Saya cuma mo sharing mengenai cara belajar TOEFL yang pernah saya pake.
Sebenarnya kasusnya nggak beda dengan UMPTN, but TOEFL itu pada intinya
bagaimana mengukur capability seseorang in english untuk berkomunikasi, baik itu
melalui strucuture, reading ataupun listening. Kalo saya lebih senang belajar
dari kesalahan2 dari proses belajar TOEFL mandiri yang saya lakukan, karena dari
situ saya tau kelebihan dan kekurangan saya sendiri. Saya coba bahas satu
persatu :

1. Listening
Untuk belajar listening memang agak sedikit susah kalo kita tidak belajar secara
intense. Tetapi belajar dari soal2 TOEFL (khusus listening) juga amat sangat
membosankan dan terbatas. Membosankan karena kita diharuskan untuk terus
konsentrasi dalam mendengarkan dan terkadang tidak membuat kita relaks, terbatas
karena obyek persoalan hanya sebatas berkisar pada kaset atau source yang kita
punya saja (seperti CD). Bagus juga usulan mengenai belajar dari TV seperti
Metro TV ataupun RCTI pagi ataupun coba belajar dari film yang banyak dialognya
(khususnya film2 drama). Terkadang dalam menonton film awalnya kita kurang
begitu mengerti, tetapi coba 2-3 kali putar ataupun sampai anda mengerti isi /
dialog dari film tersebut. Terkadang awalnya kita tidak mengerti arti dari suatu
kata atau dialog dari suatu film karena kita tidak mengerti alur cerita dari
film itu. Tetapi setelah anda memahami isi cerita tersebut umumnya hal ini dapat
sangat membantu dalam pemahaman sebuah dialog atau narasi. Ini juga sangat
membantu dalam teknik "guessing" atau "shooting in the dark" dalam test TOEFL,
terutama dalam narasi test ataupun long conversation. Untuk narasi kita bisa
belajar dari film seperti dari Discovery Channel ataupun National Geographic,
atau jika anda mau bersusah payah sedikit anda bisa datang ke tempat British
Council dimana disitu juga menyajikan News dari CNN ataupun BBC. Memang kayaknya
dari Metro TV ataupun RCTI itu sudah cukup, tetapi dalam hal ini presenternya
yang native sangat membantu dalam membiasakan kita mendengar baik itu dalam
lafal,slank ataupun dari cepatnya mendengar. Mungkin kalo anda sedikit mampu
bisa berlangganan TV-Kabel Kabelvision ataupun Indovision (sory ini bukan
promosi), karena disitu variasinya sangat banyak (dari news, film, sport dll).

2. Structure
Dalam hal ini sebenarnya kita tidak perlu punya suatu collection mengenai arti
suatu kata secara mendalam. Cuma dengan koleksi kata yang banyak itu dapat
sangat membantu dalam memahami arti dari sebuah tense atau kalimat. Pada intinya
dalam structure ini lebih banyak mengenai penggunaan suatu tenses dan
kesetaraannya. Untuk memahami kondisional pemakaian dari masing-masing tenses
ini saya lebih enak belajar dari bukunya Murphy ataupun Longman (di Gramedia
ada). Karena disitu selain ada mengenai explanation dari bentuk tensesnya juga
ada kondisional pemakaian untuk masing-masing tensesnya. Cara lain anda juga
dapat memperbanyak latihan soal2 mengenai sturucture ini dan mencatat setiap
kesalahan2 yang anda buat dalam suatu notes tersendiri disertai dengan contoh
dari soal tersebut dan komentar tentang kesalahan yang anda buat. Sehingga anda
bisa lebih fokus untuk improvement dari kesalahan2 tersebut. Mungkin berbeda
dengan listening yang memerlukan source khusus seperti kaset, cd atau vcd yang
cenderung lebih mahal, anda bisa meng-copy soal2 ini dari perpustakaan ataupun
dari teman2 anda yang ongkosnya relatif lebih murah.

3. Reading
Dalam test ini memang kombinasi dari pemahaman structure dan koleksi kata2 yang
baik akan sangat membantu, disamping juga dalam pemahaman suatu bacaan (dalam
tenses maupun paragrafnya). Untuk koleksi kata2 saya biasanya belajar dari hal
yang saya temukan sehari2. Misalnya anda membaca suatu buku ataupun majalah.
Mungkin pada awalnya anda tidak begitu mengerti karena banyak sekali kata2 yang
baru dan baru anda dengar/ketahui. Dan terkadang anda sudah begitu banyak
membuka2 kamus tetapi setiap menemukan kata itu lagi, anda tidak ingat lagi
artinya. Ada beberapa cara yang dapat digunakan. Pertama anda hanya fokus
terhadap kata-kata yang sering digunakan dan anda tidak mengetahui artinya. Anda
bisa buat suatu notes sendiri dari kata2 tersebut dalam suatu buku atau jika
anda gemar menggunakan komputer anda bisa menyalinnya dalam aplikasi Excel
ataupun Spreadsheet lainnya, yang memudahkan anda untuk mencari kata2 tersebut
jika anda hafalkan dan butuhkan (dengan proses sorting & finding). Kemudian
setelah menemukan arti kata tersebut anda bisa membaca artikel yang sama dengan
mencoba memulai dari memahami arti dari tenses tersebut kemudian paragraf dan
bacaan secara keseluruhan. Cara lainnya anda coba mengetahui seluruh arti kata
yang anda tidak ketahui dari suatu bacaan / artikel. Untuk hal ini memang
sedikit melelahkan karena kita harus membolak-balik kamus. Tetapi anda bisa
pakai program bantu di komputer dari aplikasi seperti Linguist ataupun Microsoft
Bookshelf (bajakannya ada kok di pasaran). Dalam membaca artikel tersebut anda
menandai setiap kata2 yang tidak anda ketahui dengan tidak terlebih dahulu
membuka kamus sampai anda menyelesaikannya dalam satu paragraf atau artikel.
Kemudian anda cari kata2 yang tidak anda mengerti dan kemudian tulis
dibawah/diatas kata2 yang tidak anda ketahui. Kemudian baca lagi 2 atau lebih
sampai anda mengerti/paham isi/alur dari bacaan tersebut. Hal ini lebih
memudahkan untuk mengingat jika dibandingkan anda mengingat suatu kata tanpa
anda paham alur ceritanya. Selain itu dari juga membantu memudahkan untuk
memahami/menghafal bentuk kata (noun, verb dll) dengan memahami alur bacaan.
Satu hal lagi anda harus mempunyai kamus, mungkin lebih baik yang
English-English dengan membeli edisi "Paperback" atau edisi kertas koran yang
relatif lebih murah dan contain wordnya banyak, seperti The Merriam-Webster
Dictionary atau Longman (di Gramedia biasanya ada) yang lainnya.
Sedangkan untuk bacaan/artikel anda bisa berlangganan majalah luar negeri,
dimana jika anda berlangganan harganya jauh relatif lebih murah +- Rp. 5.000 ,-,
dibandingkan jika anda membeli di toko2 sebesar > Rp. 10.000 ,-. Atau anda juga
bisa membeli yang bekas di tukang loak ataupun pinjam di perpustakaan.

Tulisan diatas tidak bermaksud untuk menggurui tetapi hanya mencoba untuk
berbagi pengalaman, dimana intinya kita bisa belajar dalam kondisi yang enjoy
dan murah serta bisa belajar anytime anywhere dalam keseharian kita, dimana hal
ini bisa menjadi alternatif disamping belajar di kursus2 yang umumnya biayanya
teramat mahal dan mau tidak mau kita dipaksa untuk hadir (karena sudah
mengeluarkan biaya + biaya transportasi & jajan ini itu) dimana saat itu
terkadang kita tidak dalam kondisi mood atau enjoy untuk belajar. Dan juga
dengan biaya yang besar tersebut (jika digunakan untuk kursus), kita bisa
mengubahnya untuk membeli source/materi untuk belajar seperti buku+kaset, cd,
vcd dll dimana kita bisa juga untuk mewariskannya ke orang lain yang butuh
(saudara atau temen kita misalnya). Sebagai ilustrasi, dengan menerapkan hal-hal
tersebut (tanpa ikut kursus) saya pernah mencoba untuk ikut test EPT nya LIA
(pertama kali) saya mendapat score 523. Mungkin jika saya lebih intense lagi
belajar saya bisa mendapatkan lebih baik lagi. Test EPT ini selain juga bisa
mengukur mengukur kemampuan kita juga bisa melihat kelemahan kita juga, seperti
misalnya score yang kurang untuk Structure test atau yang lainnya sehingga kita
bisa memperbaiki kekurangan tersebut. Mungkin ada baiknya jika kita secara
periodik mengikuti test-test tersebut dilembaga yang sudah mempunyai standar
yang baik dalam penyelenggaraan kursus atau pelatihan bahasa Inggris, seperti di
LIA yang seminggu sekali mengadakan test TOEFL (EPT) dengan biaya Rp. 60.000 ,-
sekali test. Anda bisa tentukan sendiri periodenya tergantung dari kebutuhan dan
kesiapan anda dalam melakukan test tersebut sampai di dapat suatu score yang
anda inginkan. Mungkin baik juga jika kita mengikuti International TOEFL Test,
tetapi mengingat biayanya yang amat mahal (sekitar US $ 150 lebih) sebaiknya
anda mengikuti test2 EPT dulu sampai didapat score yang anda inginkan. Atau anda
bisa juga membuat test kecil2an sendiri jika anda mempunyai komputer dengan
membeli soal2 yang mirip dengan internasional test tersebut (cari di mangga dua
atau di glodok) dengan biaya yang murah.

5 komentar:

  1. KAk... Zara.. terima KAsih Tips TOEFL nya ya... sangat berguna sekali...

    permisi juga, kak... izin berbagi info nya ya...


    Urgently Required
    Easy Speak, A fast-growing National English Language Consultant, is hunting for
    English Tutors
    Qualifications:
    1) Competent, Experienced, or Fresh Graduates
    2) Proficient in English both spoken & written
    3) Friendly, Communicative, & Creative
    4) Available for being placed in one of the following cities:
    a. Batam 0778-460785
    b. Pekanbaru 0761-7641321
    c. Balikpapan 0542-737537
    d. Palembang 0711-350788
    e. Samarinda 0541-273163
    f. Denpasar 0361-422335
    g. Makassar 0411-451510
    h. Semarang 024-3562949
    i. Bandung 022-76660044
    j. Banjarmasin 0511-7069699

    If you meet the qualifications above, please send your resume to: easyspeak.recruiting@gmail.com.
    Or contact our branch offices mentioned above to confirm prior to sending your resume.
    Deadline: July 30, 2011.
    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.
    Make sure that you won’t miss this golden opportunity as the day after tomorrow might be too late for you to compete for this position

    BalasHapus
  2. benar sngat membantu postingan ini

    BalasHapus
  3. Hi Guys!!
    yuk ikutan tes TOEFL gratis dlu,
    atau mau belajar TOEFL online GAK pake MAHAL dan PASTI skor >500

    check this out :
    http://goo.gl/IHxZYI

    BalasHapus
  4. Ada yang punya informasi dimana TOEFL PBT yang juga termasuk ada TWE nya? Mohon dibantu ya. Contact purbayonatan@gmail.com please Thank you.

    BalasHapus

tentang akuh

Foto saya
zara maiza najla adalah sebuah yang artinya seorang puteri yang cerdas dan bermata indah terbuka....